Jumat, 21 Oktober 2016

Kurang Menjaga Kebersihan Mulut Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

Headache atau sakit kepala dan sering juga disebut pusing sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor. Pusing kadang kita rasakan saat telat makan sehingga tak ada nutrisi yang didistribusikan ke otak, atau saat kurang minum sehingga tidak ada oksigen yang bisa masuk ke dalam tubuh, atau juga karena terlalu banyak kegiatan sehingga kita lelah baik kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik (berpikir).
Ilustrasi. (Foto: merdeka.com)
Selain beberapa faktor di atas, sebuah hasil riset yang dilansir dari boldsky.com menjelaskan hasil penelitiannya bahwa apabila mulut terdapat banyak bakteri dan kotoran, hal itu ternyata juga bisa membuat kepala pusing atau headache.

"Ada beberapa jenis-jenis makanan yg mampu mendatangkan terjadi pusing (migrain) seperti cokelat, wine, bisa juga makanan lain yang mempunyai kandungan nitrat. oleh karena itu disarankan agar bersegera membersihikan mulun dan menggosok gigi serta berkumur-kumur dengan mouthwash guna menghilangkan zat-zat tersebut," jelas hasil penelitian tersebut.

Selain dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, kandungan nitrat juga dapat hilang dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan nitrit contohnya sayur-sayuran hijau. Pada saat beredar di dalam darah, nitrit berubah jadi oksida nitrat. Setelah itu oksida nitrat akan memperbanyak aliran darah ke otak sehingga mencegah terjadinya sakit kepala. Tidak hanya itu, oksida nitrat juga dapat menurunkan tensi darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi)
(Sumber: merdeka.com)


EmoticonEmoticon