Minggu, 20 November 2016

Tips Memulai Usaha Bisnis Berjualan Online Bagi Pemula

Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana caranya memulai bisnis berjualan online? Sepintas, berjualan online terlihat mudah dan bisa dilakukan tanpa hambatan, namun kenyataannya tidak selalu begitu. Saat sudah dijalankan, ada banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapi. Apabila kamu tertarik mencoba usaha berjualan online, mungkin kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk memulainya. 

•    Siapkan Keperluan
Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan ketika ingin memulai usaha berjualan secara online, yang pertama adalah memiliki gadget atau laptop. Jika kamu memiliki smartphone, ini sudah bisa digunakan untuk menjadi salah satu modal usaha. Selanjutnya adalah pastikan jaringan internet lancar.
Kamu tidak perlu modal yang banyak untuk bisa menjalankan usaha ini karena kamu bisa memilih untuk menggunakan sistem dropship. Apa itu dropship? Dropship adalah sistem berjualan online dimana kita hanya perlu mempromosikan dan menjualkan barang orang lain tanpa harus menyetok barang. Terakhir, untuk memudahkan transaksi pembayaran maka kamu harus memiliki rekening.

•    Tentukan Jualan
Selanjutnya adalah menentukan jenis barang yang ingin kamu jual. Kamu bisa mulai dengan menjual barang yang kamu senangi misalnya jika kamu memiliki minat dalam bidang fashion maka berjualan baju, tas, hijab dan sepatu bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan mengetahui barang apa yang mau dijual nantinya, akan memudahkan untuk masuk ke dalam tahap memulai bisnis online selanjutnya.

•    Cari Suplier
Jika sudah menentukan jenis barang jualan, maka carilah suplier barang yang bisa diajak bekerjasama. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan berbagai suplier. Kamu bisa mencari informasi suplier dari website, instagram atau lebih baik lagi jika dari rekomendasi seseorang misalnya teman. Sebelum menentukan suplier mana yang akan kamu pilih, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa suplier tersebut memang terpercaya untuk mencegah terjadinya penipuan.

•    Lakukan Promo
Mulailah melakukan promosi barang yang kamu jual melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM dan lainnya. Semakin gencar kamu melakukan promosi, maka kesempatan untuk mendapatkan pembeli akan semakin besar pula. 

•    Konfirmasi Orderan
Jika ada orang yang terarik membeli barang jualan, maka lakukan pelayanan dengan baik dan ramah. Berikan informasi secara jelas setiap kali calon pembeli bertanya. Jika kesepakatan pembelian sudah dicapai maka tunggu pembeli melakukan pembayaran misalnya lewat transfer, jika sudah, selanjutnya tanyakan informasi nama, alamat dan tujuan pengiriman paket.

•    Transfer
Apabila segala urusan dengan pembeli sudah selesai, kamu harus melakukan konfirmasi dan lakukan pembayaran barang orderan dari pembeli tadi ke suplier. Jika sudah, kamu tinggal menunggu barang dikirimkan oleh suplier ke alamat pembeli. Mintalah bukti pengiriman kepada suplier untuk memastikan barang sudah dikirim dan memudahkan pengecekan barang.
Jangan lupa untuk mematok harga lebih dari harga yang ditetapkan suplier ke kamu agar kamu bisa memperoleh keuntungan dari berjualan online dengan sistem dropship ini.


EmoticonEmoticon