Minggu, 08 Juli 2018

Memaksimalkan Air Cooler Dalam Pendinginan

sistem kerja air cooler

Sebelum Anda belajar memanfaatkan air cooler dalam kondisi terbaik, silakan baca panduan singkat mengenai perbedaan antara air cooler dan AC, serta pengertian air cooler. Mengapa? Sehebatnya teknologi air cooler, tidak akan mampu membuat dingin lebih daripada yang dihasilkan oleh AC. Karena memang mereka memiliki fungsi yang berbeda.

Ciri-Ciri Air Cooler

•         Menyebabkan udara ruangan menjadi lebih lembab jika tertutup
•         Hanya mampu menurunkan suhu antara 3-5 derajat Celsius saja
•         Kurang efisien dan efektif pada daerah kelembaban tinggi
•         Harga lebih murah dan hemat listrik, berkisar antara 60-100 watt saja
•         Memakai bahan dasar alami air atau es batu sebagai sarana penurunan suhu ruangan
•         Digunakan pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik atau minimal semi terbuka

Ciri-Ciri Air Conditioner

•         Menyebabkan udara ruangan menjadi lebih kering
•         Mampu menurunkan temperatur menjadi dingin dengan termostat
•         Tetap mampu menghasilkan dingin yang baik pada daerah panas
•         Jauh lebih mahal dan menggunakan listrik besar (start awal bisa 300 watt lebih)
•         Memakai bahan kimia freon atau CFC sebagai sarana penurunan suhu ruangan
•         Digunakan hanya pada tempat atau ruangan yang tertutup

Cara Memaksimalkan Air Cooler Untuk Dingin Yang Maksimal

    1.       Sirkulasi Udara Yang Baik
Posisikan air cooler di tempat yang ada banyak aliran udara segar dari luar, misalnya dekat jendela atau pintu. Hindari menggunakan air cooler dalam ruangan atau tempat yang tertutup karena akan membuat udara menjadi lembab dan menyebabkan lebih panas daripada dingin. Selain itu, bisa membuat pengap dan tidak nyaman.

    2.       Tambahkan Air Dingin Atau Es Batu
Sebaiknya Anda membeli air cooler yang memiliki tangki air besar dan juga tempat es. Kombinasi air dingin dan es batu akan menghasilkan udara yang lebih dingin.

    3.       Membersihkan Air Cooler Dengan Rutin
Bersihkan filter dan tangki air dengan rutin – periksa juga setiap sebelum pemakaian – agar udara sejuk dapat selalu keluar dengan maksimal dan lancar. Filter yang kotor dan tangki air yang tidak berisi bisa menyebabkan udara yang keluar semburannya kecil, tidak terlalu bersih, dan bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

Kotoran yang melekat pada filter dan tangki air dapat menjadi penyebab munculnya bahaya air cooler karena kotoran dan debu mampu secara bertahap melemahkan semburan suhu dingin yang akan dikeluarkan lalu jika dibiarkan dalam jangka panjang maka akan menyumbat komponen lain dalam air cooler sehingga akan mempercepat kerusakan.

    4.       Jauhkan Dari Peralatan Elektronik Lain
Banyak orang membeli peralatan elektronik tanpa mempelajari penggunaannya dengan benar. Hal ini bisa menimbulkan kecelakaan atau kerusakan sebelum waktunya. Arahkan semburan angin dingin air cooler Anda menjauh dari peralatan elektronik lain seperti televisi, radio, telepon genggam, komputer dan lainnya, karena semburan anginnya melembabkan ruangan, mengandung lebih banyak uap air dan bisa membuat alat-alat elektronik lain menjadi lebih cepat rusak.

    5.       Menjaga Kerapian Ruangan
Pastikan ruangan Anda mempunyai sirkulasi udara yang baik, termasuk di antaranya dengan keberadaan barang-barang dalam ruangan yang bisa menghalangi aliran angin. Semakin sedikit barang yang ada dalam ruangan, semakin dingin dan efektif kerja air cooler Anda.

    6.       Pewangi Ruangan
Jika Anda ingin ruangan menjadi lebih harum, Anda bisa menambahkan pewangi ruangan. Letakkan pewangi pada arah semburan angin keluar dari air cooler agar bau harum menyebar lebih merata. Anda hanya perlu berhati-hati jika ada orang yang alergi pada wangi-wangian karena mengganggu pernafasan.


EmoticonEmoticon